Wisata Alam Air Terjun Kembang Soka

Wisata Alam Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka – Diantaranya yang juga termasuk daerah wisata yang cukup mengagumkan di Daerah Istimewa Yogyakarta ialah Air Terjun Kembang Soka  yang kerap dimaksudkan juga dengan air terjun Mbang Soka. Destinasi terletak di Padukuhan Gunung Kelir, Kabupaten Kulon Progo. Surga kecil ini tampak seakan-akan oasis yang ada di dalam luasnya gurun, yang mendatangkan keindahan panorama tersendiri. Letaknya yang setengah tersembunyi dibalik rerimbunan hutan membuatnya seperti layaknya surga yang menjelma. Panoramanya dapat memuaskan mata serta nada gemuruh airnya mampu menentramkan jiwa. Agar perjalanan wisata anda lebih nyaman bisa menggunakan jasa sewa mobil jogja yang profesional. Sehingga perjalanan wisata anda tidak lah sia-sia

Asal Usul Nama Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun ini dinamakan Kembang Soka, sebab asal dari salah satu sumber mata airnya berasal dari bawah tanah yang mana banyak tumbuhan bunga soka berada di atasnya. Selain secantik bunga soka, destinasi air terjun ini memiliki kelebihan tersendiri. Taburan airnya yang terkecuali memberi kesegaran mengingat air terjun letaknya di desa Jatimulyo sisi dari barisan di perbukitan Menoreh, juga jernih dan memiliki dua warna, kombinasi warna putih dan juga hijau toska nan lembut.

Air terjun ini berada pada posisi yang paling tinggi diantara beberapa tempat air terjun lain yang ada di sekelilingnya. Tak heran tumpahan airnya begitu derasnya hingga dapat dijadikan sebagai sumber pengairan bagi warga sekitarnya. Yang cukup unik lagi yakni dari bebatuan yang ada disekitaran air terjun itu, yang mana kita akan seperti melihat sebuah film fantasi yang hidup saat melihat bebatuan.

air terjun kembang soka

Warna kekuningan yang juga bermunculan dari dasar sungainya, sama-sama membentengi kucuran air disalah satu bagiannya. Sesaat apabila kita melihat ke arah samping kanan dan juga kiri ke arah tebing di lokasi sekitaran air terjun, maka akan kita temukan batu-batuan yang berwarna pekat kemerahan.

Air terjun ini adalah hasil dari adanya pertemuan 3 sumber air, yaitu mata air Kembang Soka/Toyotombo, mata air Tuk Jaran/bisa diartikan sumber rejeki, yang jadikan oleh warga sekitar bukan sekedar hanya untuk berwisata tapi juga mencari barokah dan juga mata air Kalimiri. Ketiga mata air inipun telah menjelma menjadi aliran 3 air terjun kecil yang setinggi kurang lebih 5 meter, 15 meter serta 30 meter. Ketiganya kemudian berjumpa menjadi satu aliran terbesar yang setinggi lebih kurang lebih 40 meter.

Wisata air terjun Kembang Soka ini termasuk juga masih baru dikelola dengan serius sebagai obyek wisata guna potensi pendapatan daerah. Terlebih waktu itu air terjun tersebut adalah harta milik warga yang dilewatkan begitu saja.

Lokasi Air Terjun Kembang Soka

Lokasi keseluruhnya dari obyek wisata ini sangat luas, yakni kurang lebih sekitar 5 hektar. Terlihat juga bagian-bagian disekitaran lokasi ini masih tertutup dengan hutan serta ada sisi bagian lainnya yang telah lebih tertata. Supaya dapat mempermudah akses bagi pengunjung sekaligus dapat memberi kenyamanan bagi mereka yang datang berwisata.

Seperti terdapatnya beberapa warung yang ada dan di buka oleh warga sekitar yang menyediakan beragam makanan. Pada sisi lainnya dari tempat wisata ini terdapat banyak jembatan dari bambu, yang bagi wisatawan supaya dapat lebih mudah mendekat ke sungai. Untuk akses menuju ke lokasi air terjun anda bisa menggunakan jasa sewa motor jogja atau rental motor jogja. Jadi anda tidak akan kerepotan mencari transportasi.

Jembatan ini juga sekaligus membantu memudahkan bagi wisatawan untuk menikmati panorama sekitarnya. Selain itu, adanya jembatan bambu ini akan menjadikannya tempat yang cukup indah sebagai tempat berfoto.

Untuk menuju tempat air terjun ini, saat ini juga termasuk lebih mudah, walaupun memerlukan sedikit usaha. Tempat ini terletak di di Jalan Sermo, Girimulyo, Yogyakarta. Wisatawan yang memiliki keinginan ke obyek wisata ini, ada baiknya menyiapkan fisik yang prima, lantaran dibutuhkan perjalanan dengan cukup panjang.

Baca Juga : Kawah Dieng Wonosobo

Pertama-tama, Anda harus menuju ke Desa Jatimulyo. Dan untuk menuju desa ini dapat dilalui dengan memakai kendaraan bermotor. Setibanya di desa itu, telah cukup banyak sekali panduan arah yang telah di buat warga sekitar untuk menolong wisatawan. Akan tetapi kita perlu waspada sebab banyak wilayah yang jalannya menurun tajam ataupun ada kerusakan jalan hingga sampai ke lokasi pintu masuknya.

Harga Tiket Masuk Ke Air Terjun

Dari sini, para wisatawan harus mulai berjalan kaki. Kendaraan roda dua maupun lebih dapat dititipkan di rumah warga ataupun di tempat parkirnya dengan hanya membayar Rp. 1000,- saja, sedang untuk menikmati obyek wisatanya ini kita cuma diwajibkan membayar retribusi pada warga yang juga sekaligus menjadi pihak yang mengelola lokasi tempat wisata ini hanya sebesar Rp. 3000,- saja.

Sudah pasti akan ada banyak yang perlu diperbaiki dan bahkan mungkin saja dibongkar kembali untuk ditata lagi berkaitan obyek wisata ini. Hal ini pastinya akan membutuhkan hubungan kerjasama yang berkesinambungan dari pemerintah daerah dan warga sendiri. Misalnya mengenai infrastruktur jalan beserta aksesnya, panduan jalan agar lebih teratur lagi ataupun sarana tempat penginapan. Warung makan serta tempat beristirahat bagi wisatawan.

Tetapi bagi kita wisatawan serta bagi pengunjung juga sebaiknya turut berpartisipasi di dalamnya. Yakni dengan mempromosikan obyek wisata yang indah ini. Selain untuk memperluas pengetahuan kita pada keindahan alam negeri kita, juga membantu warga sekitarnya untuk memperoleh pendapatan lebih. Juga sekaligus melindungi keasriannya agar tetap terjaga.

0 comments on “Wisata Alam Air Terjun Kembang Soka
1 Pings/Trackbacks untuk "Wisata Alam Air Terjun Kembang Soka"
  1. […] tk. Semoga referensi ini bermanfaat untuk anda yang ingin membeli peralatan drumband. (Baca Juga : Wisata Alam Air Terjun Kembang Soka […]