Wisata Liburan Pantai Jogan

Wisata Liburan Pantai Jogan Jogja

Pantai Jogan – Sebuah pantai yang memadukan keeksotisan air terjun dan laut di selatan Yogyakarta ini. Memiliki keunikan tersendiri dan langka di Indonesia bahkan didunia. Dengan letaknya yang tersembunyi, Gunung Kidul yang terletak dibagian Selatan Yogyakarta ini menyimpan keindahan yang dimana terdapat sebuah air terjun yang langsung jatuh ke bibir laut. Keindahan pantai di jogja memmang patut di acungi jempol. Bahkan keindahan pantainya bisa di sejajarkan dengan wisata lain seperti Komodo tour Island dan Lombok AdventureSebuah pesona alam yang sangat langka dan sulit untuk kita tolak keberadaannya. Ketika menyambut senja di Pantai Jogan yang diapit dengan tebing tinggi khas dari sebuah pegunungan kapur.

Pantai Jogan memiliki perpaduan antara tempat air sungai turun gunung bertemu dengan deburan ombak. Pantai-pantai yang berada disepanjang 71 Km pesisir Gunung Kidul, Pantai Jogan menempati posisi yang paling istimewa. Karena keberadaannya air terjun dari atas tebing langsung jatuh ke bibir laut. Selama ini banyak masih banyak wisatawan yang belum mengetahui dengan keberadaannya pantai jogan ini. Bagi anda yang ingin ke pantai Jogan lokasinya tepat berada disebelah barat dari Pantai Siung.

pantai jogan

Akses ke tempat wisata

Anda yang ingin berkunjung ke pantai ini, memerlukan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan dari kota Yogyakarta. Dengan memiliki jalanan aspal yang mulus dan sepanjang perjalanan yang berbelok membelah sebuah bukit ini sudah memiliki akses yang sangat memadai. Bila anda sudah sampai disebuah pos restribusi Pantai maka letak dari Pantai hanyalah sekitar 400 m dari pos restribusi tersebut. Yang dimana akan terdapat sebuah petunjuk arah untuk menuju ke pantai jogan. Bisa juga anda menggunakan jasa rental mobil jogja unut menyambangi wisata pantai jogan.

Baca Juga : Pantai Pok Tunggal

Sebuah akhir dari jalan aspan yang mulus, lalu anda akan melanjutkan perjalanan dengan melalui jalan setapak yang dijadikan sebagai pemandu menuju pantai Jogan. Dengan terdapat 2 sungai kecil yang tepat berada disebelah kiri. Dan dimana nantinya akan bersatu menjadi sebuah air terjun. Namun sangat amat disayangkan, keelokan yang diberikan oleh pantai jogan ini dapat disaksikan pada saat musim penghujan. Sementara pada saat musim kemarau, maka debit air akan berkurang karena dengan adanya penyedotan yang dilakukan untuk keperluan warga.

Bagi anda para traveler yang ingin menikmati guyuran air terjun ini, anda harus menuruni tebing terlebih dahulu. Dengan memiliki 2 cara untuk menuruni tebing ini yaitu dengan cara rappelling di air terjunnya. Cara ini haruslah menggunakan peralatan dan kemampuan yang sangat mempuni untuk melakukannya. Sedangkan dengan menggunakan cara yang kedua, dengan melalui turunan yang licin dan basah yang terdapat kayu pegangan sebagai penopang tubuh. Walaupun begitu, ketelitian dan kehati-hatian sangatlah penting untuk melalui jalur kedua yang curam. Bukan hanya batuan saja yang curam dan licin, anda juga akan melewati terumbu karang yang dihuni dengan ribuan bayi kepiting yang berwarna transparan dengan berukuran 5 mm. Walaupun memang bukan sebuah koloni kepiting, namun untuk melewatinya dengan menggunakan telanjang kaki bukanlah perkara yang mudah. Bayi kepiting yang biasa dikonsumsi oleh penduduk sekitar sebagai teman dari nasi hangat disaat hujan turun.

Keindahan Pantai

Jika anda sedang beruntung, anda akan menyaksikan ratusan kupu-kupu yang bergerombol diatas bebatuan yang kering. Pantai Jogan adalah sebuah pemberi sumber kesegaran dan keindahan, layaknya lukisan alam yang tersirat dengan hamparan pasir putih nan luas pantai Gunung Kidul. Pantai Jogan adalah pesona Indonesia yang sayang untuk anda lewatkan. Sebuah pantai yang dimana sangat tepat sekali bagi anda yang ingin merasakan sensasi berbeda dari surge pesisir selatan Yogyakarta.