Wisata Pantai Siung Di Yogyakarta

Wisata Pantai Siung Di Yogyakarta

Pantai Siung – Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sebuah kota yang dimana didalamnya terdapat akan wisata budaya. Tapi perlu anda ketahui bahwa Yogyakarta pun memiliki banyak Pantai tersebunyi yang sangat indah nan mempesona dan sayang apabila untuk anda lewatkan. Mungkin anda pernah mengenal dengan Pantai Parangtritis yang memang sebelumnya sangat terkenal di Jogja. Namun perlu anda ketahui bahwasanya didaerah Gunung Kidul kini terdapat banyak pantai yang memiliki panorama yang sangat menarik. Salah satunya yaitu Pantai Siung.

Keindahan Panorama yang sangat memukau yang disajikan oleh Pantai Siung ini terletak di kecamatan Tepus, Dusun Wates, Desa Purwordadi, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Yang berjarak sekitar 77 Km dari kota Yogyakarta.

pantai siung

  • Akses Menuju Pantai Siung

Bagi anda para traveler yang ingin mengunjungi Pantai Siung, sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi atau juga anda bisa menggunakan sewa mobil. Karena untuk dapat berkunjung ke Pantai Siung ini tidak ada kendaraan umum yang mencapai lokasi pantai. Walaupun dengan keadaan jalan yang penuh dengan tikungan dan tanjakan ini. Namun, sudah teraspal dengan baik dan jalan menuju pantai siung dikelilingi dengan perbukitan kapur dan lading palawija. Oleh karena itu kendaraan yang anda gunakan untuk menyambangi Pantai Siung haruslah menggunakan kendaraan yang berkondisi prima. Rute yang digunakan untuk mengunjungi pantai siung dari Yogyakarta anda dapat ambil jalur menuju wonosari. Setelah itu anda ambil jalur menuju Tepus, kemudian purwodadi dan barulah anda sampai Pantai tersebut. Perjalanan dari Kota Yogyakarta akan memakan waktu kurang lebih hingga 2 – 3 jam perjalanan. Agar lebih nyaman perjalanan wisata anda gunakan jasa rental mobil jogja mura dan berkualitas.

Baca Juga : Sumur Jalatunda, Antara Mitos Dan Wisata

  • Fasilitas dan Restribusi

Dana Restribusi untuk masuk ke Pantai ini dikenankan biaya Rp. 3.000,- dan biaya parkir untuk kendaraan bermotor akan dikenakan biaya tersendiri sekitar Rp. 2.000,-. Harga yang terdapat sekarang sewaktu-waktu dapat saja berubah, karena itu tergantung dari pada kebijakan pengelola. Untuk fasilitas yang disuguhkan oleh Pantai Siung memang masih tergolong standar, hanya terdapat Toilet, Tempat parkir, dan warung makan dan minuman. Dan masih belum ada fasilitas penginapan yang terdapat disekitaran Pantai. Mungkin bagi anda yang ingin bermalam di Pantai ini anda dapat membawa perlengkapan berkemah. Karena di Pantai ini ada sebuah spot camping ground yang terdapat dibalik tebing.

Keistemewaan Objek Wisata

Keistimewaan yang terdapat di Pantai ini yakni banyaknya batu-batu karang yang berukuran raksasa yang terbentang diwilayah timur dan barat pantai. Ternyata adanya batu karang raksasa ini memiliki peranan penting yang menjadi sebuah asal muasal penamanan Pantai Siung. Batu karang yang letaknya sedikit menjorok kelaut ini. Jika dilihat dari kejauhan akan berbentuk menyerupai gigi kera atau Siung Wanara. Hal ini dijelaskan oleh para sesepuh yang tinggal sekitar lokasi pantai, sehingga sampai saat ini Pantai tersebut diberi nama Pantai Siung.

Pada tahun 1989 batu karang Pantai Siung ini memiliki peranan penting bagi para pendaki. Karena, pada tahun 1989 terdapat sekelompok komunitas pecinta alam yang berasal dari Jepang. Memanfaatkan karang tersebut sebagai lokasi panjat tebing. Dan saat ini pemerintah Yogyakarta mencoba untuk mulai mengembangkan potensi wisata Pantai ini. Alhasil pemerintah Yogyakarta pada tahun 2005 meresmikan pantai siung sebagai lokasi wisata khususnya sebagai spot panjat tebing. Dan ditahun yang sama Pantai berhasil menjadi sebuah lokasi Asean Climbing Gathering yang diikuti oleh 250 peserta dari 65 Negara Eropa dan Asia. Pada akhirnya Pantai ini pun dijuluki oleh para pendaki sebagai The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta.

Untuk rekomendasi saja bagi anda yang sedang berlibur di kota jakarta bisa menggunakan bisa menggunakan jasa sewa mobil alphard. Atau anda sedang liburan di kota makassar bisa menggunakan jasa sewa hiace makassar untuk rombongan sekeluarga

Selain dari Camping Ground dan juga Climbing Spot, disini juga terdapat sebuah rumah panggung yang letaknya tidak jauh dari camping ground. Yang dimana rumah tersebut biasanya digunakan sebagai base camp. Rumah kayu yang terdapat disini cukup luas dengan daya tamping hingga 15 orang. Dari rumah kayu ini anda akan disajikan keeksetismean karang yang dihantam dengan deburan ombak dengan jarak pandang yang biru dan luas.